Langsung ke konten utama

Kenapa Dandelion?







Awal niat gua bikin blog itu udah dari dulu sebenernya dan sekarang Alhamdulillah udah terealisasikan. Karena menurut gua, menumpahkan pikiran yang udah luber di kepala gua ke dalam blog itu ternyata seru juga. Jadi, apa yang ada di otak gua seperti imajinasi yang melayang-layang dan memenuhi otak gua bisa tersalur dengan sebuah tulisan. Atuh mending numpahin ide ke blog lah daripada numpahin kopi ke temen lo yang lagi pake baju putih, bisa di rajam abis-abisan lo!

"If you have an idea, pour it in a creation"


Karena kebiasaan gua juga sih yang suka ngetik panjang-panjang, iya terkadang kalo lagi chatan ama orang gua tuh bales sepanjang sungai nil XD sebenernya ngga juga sih. Gua sih suka aja bales panjang-panjang gitu, meskipun kadang gua bales udah kek cerita novel 1 paragraf eh di bales lagi cuma 1 kata. No problem sih, kalo lagi rajin-rajinnya ngetik panjang aja waktu itu. Kalo lagi mager ya jawab seadanya aja. Terus gua kan punya kebiasaan suka nulis kejadian-kejadian yang menurut gua memorize banget di otak gua, jadi kadang ada suatu kejadian nih eh kadang gua langsung tulis di memo. Makanya memo gua banyak banget cerita-cerita yang mungkin menurut orang Unfaedah tapi gua bisa ngakak tak henti kalo baca. Hal sederhana sih, ada suatu kejadian yang memorable banget terus gua langsung nulis di memo. Kalo lagi anget kejadiannya gua juga nulisin percakapan yang real masih nyatol di ingatan gua. Dan ketika gua lagi BT atau lagi ngga ada kerjaan dan iseng buka-buka memo dan liat-liat cerita freak gua, gua jadi ketawa ngakak cuma gara-gara hal sereceh itu. Apalagi kalo gua ngalamin kejadian tersebut sama orang lain, jadi pada ikutan ketawa semua dah. Tapi gua nulis di memo kalo lagi niat aja sih, ngga semua kejadian gua tulis. He. Ini mungkin dari sini nih awal mula gua suka nulis-nulis di memo eh jadi pengen nulis di blog deh. Di memo mah terbatas ngga bisa panjang-panjang, Jadi beralih lah ke Blog. 



Oh iya, gua juga baru inget waktu gua lagi packing-packing buku, bahasa gaulnya mungkin  ngeloakin kali ya. Gua nemu buku yang isinya satu cerita buatan gua sendiri dengan imajinasi entah datang darimana dan ceritanya gantung bahkan endingnya malah ngga ada. Gua emang dulu suka nulis cerita fiksi ngga jelas gitu, iya gua nulis manual. Pake buku SIDU dan Pulpen Standar, waktu itu gua belum ngetik-ngetik pake komputer apalagi handphone seperti jaman sekarang. Boro-boro ya gua mah, ada pulpen sama buku aja udah Alhamdulillah pada masa itu. Dulu sangking strong dan rajinnya nulis jari-jari gua ampe bisa split kali yaa. He. Gua ceritanya waktu itu nemuin 2 buku kalo ngga salah, yang pertama tentang cinta-cintaan ngga jelas.  Jadi, ceritanya tuh tentang temen anter-jemput zone yang tiba-tiba ada rasa suka satu sama lain. Entah waktu itu mereka jadi pacaran apa ngga, gua udah ngga tau kabar hubungan mereka sekarang. Lagian kan bukunya udah di tukang loak,jadi gua ngga tau gimana kelanjutannya dah. Terus yang kedua tentang Geng sekolah yang isinya anak cewe semua, yah klise ya yang jahat buli yang bae dan ngga tau kelanjutannya sama seperti yang pertama ngga ada endingnya. Mungkin gua dulu korban Sinetron Indonesia kali ya, jadi terinspirasi terus gua buat cerita. Yang bikin ngakak juga bahasanya, masih terbilang cukup alay dan singkatan-singkatan yang susah di terjemahin. Maklumin aja ya setiap orang pasti pernah ngalamin masa-masa alay itu. XD 





Itulah segelintir cerita di masa lalu yang mungkin dari dulu gua suka nulis dari manual sampe digital kaya sekarang ini. Kalo ditanya enakan mana? Ya jelas enakan make hape atau komputerlah. Tinggal ketik-mengetik salah tinggal tekan tombol backspace/delete, lah dulu mah masih jamannya manual dimana pada saat itu gua kalo salah ya di Tipex. Udah pas di Tipex lagi basah-basahnya begonya gua langsung di tiban lagi sama tinta pulpen, eh terus ngga sengaja ke gosrek tangan, halah jadi burek dah tulisan gua. Haha, perjuangan banget ya ceritanya dulu pas jadi "Penulis" karena dulu suka nulis, dan sekarang jadi "Pengetik" karena suka ngetik. Now, everything can being simple. Gua kalo di tanya enakan ngetik di Handphone apa Komputer/Laptop? Ya, dua-duanya enak-enak aja sih. Gua sih pemikirannya gini, kalo ngetik di Hape itu kaya ngetik di chatan sedangkan kalo ngetik di Laptop kaya ngetik buat skripsi dan tugas. Ini cuma pemikiran aneh gua semata sih, emang lebih kerasa nyaman dan santai kalo ngetik di hape. Kadang tuh ya kalo gua ngetik di komputer, ngerasanya tuh kaya diburu-buru udah kek mau buat revisi aja ama dosen. Berasa ngejar deadline kali ah, HAHA. Pas ngetik di laptop juga perasaan gua udah ngetik PxL=(Rumus mencari Luas persegi panjang), kaya udah ngerasa banyak gitu. Tapi kaya ngestuck segitu-gitu aja dan ngga nambah-nambah.




Dan kenapa gua namain blog gua "Dandelaulionie"
Karena gua emang ngga ada niatan buat pake nama asli gua, tapi gua maunya pake nama bunga favorit gua. Yep! Bunga Dandelion adalah salah satu bunga kesukaan gue. Dandelion biasa juga dikenal dengan Bunga Randa Tapak. Kok dari Dandelion jadi Dande(lau)lioni(e)? Itu sebenernya gua asal plesetin aja, awalnya 'Lau' nya itu mau taro di depan tapi ngga nyambung, mau taro di belakang apalagi. Eh yaudah deh taro di tengah aja, terus jadi nyambung ngga? Ya, coba aja baca Dandelaulionie, kalo bisa kebaca ya berarti nyambung. Haha. Nah, Lau nya itu apa? Lau=Lu (Kamus bahasa Zaman kekinian). Yee, tuh sih bisa juga. Tapi, Lau disini yang sebenernya itu singkatan nama gua. Kenapa ditambahin E di akhir kata 'Lionie'? Ngga papa, biar terkesan alay-alay lucu gitu.





Kenapa suka dandelion? Kenapa ngga mawar atau Bunga Raflessia? Ngga ah udah terlalu mainstream XD. Meskipun bunga Dandelion ngga sepopuler bunga mawar, ngga seharum bunga melati dan ngga setajem kaktus. Menurut gua, Dandelion itu bunga yang aneh tapi unik, Unik bunganya dan juga namanya. Gua ampe bikin filosofi sendiri tentang bunga Dandelion ini.

Dandelion ini mempunyai batang yang tidak begitu kuat dan punya helai-helaian yang rapuh seperti kapas, yang sekali tiup helaian demi helaian akan terbang mengikuti angin yang berhembus.
Meskipun Dandelion hanya tinggal batangnya saja yang tersisa, karena helai-helainnya terbang bersama angin, Justru di sini dia punya makna dan filosofi tersendiri.

Jadi, ibaratnya kita itu harus kuat seperti batang dandelion, meskipun di terpa angin maupun badai sekalipun. Dan Helai-helai yang terbang bersama angin itu di ibaratkan masalah yang datang dan pergi di hidup kita.

Mungkin aja dandelion terlihat rapuh karena ketika kita tiup dan di terpa angin kencang helainya pergi bertebangan dan hanya menyisakan batang yang tak begitu kuat.



Tapi belajarlah dari bunga ini, 
jadilah batang dandelion yang meskipun di terpa angin dan kehilangan helai-helainya dia tetap berdiri kuat.


Dandelion ngga bisa melawan angin yang menerpanya terus menerus, dan ngga bisa juga menahan helaian-helaiannya yang hendak pergi karena tak kuat menahan angin. Tapi justru disini dia menunjukkan dirinya kuat, walau hanya batang saja yang tersisa.

Helai yang berterbangan memencar entah kemana perginya nantinya akan tumbuh lagi menjadi bunga yang lebih indah. 


Adalagi sih filosofi dari gua,
Dandelion itu bisa juga di sebut "Wish Flower" bisa di sebut seperti itu mungkin mirip hal yang sering kita lakuin, yaitu pas kita niup lilin  Ulang tahun. Dimana pasti kita make a wish dulu sebelum tiup lilinnya, Kalo "Wish Flower" di Dandelion ini menurut gua ketika kita niupin helai-helaian yang akan terbang mungkin sama dengan yang lu lakuin ketika niup lilin ulang tahun. Makanya bisa disebut Wish Flower.
Gua sih mikirnya gini, ketika gua punya harapan yang ingin gua gapai, pas gua tiup si dandelion dan helai-helainya terbang,

gua berharap harapan-harapan yang menjelma jadi helai-helaian Dandelion ini terbang terbawa angin menjelajahi angkasa melintasi alam jagad raya dan berubah menjadi kenyataan.

Mungkin gini maksudnya, setiap helai itu adalah harapan dan keinginan kita. Nah, setiap helai itu terbang entah kemana menjelajahi angkasa dan jagad raya, jadi harapan yang akan kita gapai itu butuh proses yang cukup panjang untuk bisa gapai dan menjadi kenyataan.






Dandelion itu tumbuh diantara ilalang-ilalang, gua dulu sering nemuin. Sekarang belum nemuin lagi,karena dari awal liat bentuk dandelion yang unik kadang gua ngga ngeh kali ya akan keberadaannya di sekitar gua. Pokoknya kalo ketemu, gua harus nyobain gimana sensasinya niup-niupin helaian seperti kapas yang terbang-terbangan. Dan gua mau liat secara langsung gimana indahnya helai yang memencar bertebangan terbawa angin, yang selama ini gua cuma liat dari Wallpaper semata. See you soon, Dandelionie!


by Pinterest



Judul di blog gua kan "Strand Of Dandelion" yang artinya Helai dari Dandelion. Jadi, maksudnya tuh Helai nya itu Postan gua di Blog.

Perasaan nama blog doang kok ribet banget pake ada maknanya segala?
Yep,Right! Sangking gua suka filosofi dan makna dari Bunga Dandelion, jadi gua ampe terinspirasi bikin blog pake nama bunga itu. :)


Be the dandelion strands that go to the wind. But, Stay strong even though only the trunk.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jangan salahkan udang

5 Feb 2017 Gua saat ini sedang terbaring lemah di kasur gue. Karena tadi malem gua muntah-muntah akibat keracunan makanan sendiri. Well, jadi gini ceritanya.  Gua kan niat masak hari itu. Alhasil gua beli sayuran ke warung, gua liat ada udang. Gua jadi kepengen, karena gua juga udah lama ngga makan udang. Dan akhirnya gua beli.  Nah, yesterday i have schedule to doing Beres-beres rumah. Gua nyuci baju sampe ada kali 2 bak besar terus ditambah gua nyuci sepatu sampe 10 pasang lebih kali.   Kalo lagi ada pekerjaan banyak, gua mewajibkan diri buat menjadi seorang yang “Multitasking” jadi kaya misalnya hari ini kegiatannya : cuci baju, cuci sepatu, masak, cuci piring, kerjain tugas. Jadi, misalkan gua nyuci berarti gua sembari motong-motongin bahan yang mau dimasak nanti. Nah, kemaren tuh ceritanya gua nyuci udang terus gua tirisin. Gua taro di paku gitu yang rada atas biar kaga di makan kucing. Salahnya gua disini ga naro di freezer. Mungkin sangking banyaknya nyuci

Bagaimana Menikmati Hidup Tanpa Gangguan Sosial Media?

Mungkin susah ya di zaman milinieal ini kita ngga punya sosial media. Apalagi orang-orang yang hidupnya ngga lepas dari gadget, pasti agak susah seperti halnya gue juga yang begitu. Gua yakin sih setiap orang punya sosmed, meskipun ada juga yang ngga punya. Kalo pun punya juga, seberapa banyak waktu yang dipergunakan untuk menatap layar gadget ngga sesering yang lainnya. Ya ada sih tipikal semua akun sosmed semuanya punya tapi sering update tentang kesehariannya. Tapi ada juga yang sekedar punya dan jarang update tentang hidupnya. Mungkin yang jarang main sosmed ini emang pada dasarnya dia gamau show off sama hidupnya, atau mungkin juga mereka sibuk dengan dunianya. Seperti sibuk sekolah, kuliah dan kerja yang memungkinkan frekuensi bermain sosmed ngga sebanyak yang ngga punya kesibukan. Wk, gabut seperti gua. Pernah suatu hari gua mikir, kaya gimana ya orang yang ngga terlalu sosmed-an banget terus keliatan kaya menikmati hidupnya banget? Ada ya orang begini, lah emang