Langsung ke konten utama

Bagaimana Menikmati Hidup Tanpa Gangguan Sosial Media?




Mungkin susah ya di zaman milinieal ini kita ngga punya sosial media. Apalagi orang-orang yang hidupnya ngga lepas dari gadget, pasti agak susah seperti halnya gue juga yang begitu. Gua yakin sih setiap orang punya sosmed, meskipun ada juga yang ngga punya. Kalo pun punya juga, seberapa banyak waktu yang dipergunakan untuk menatap layar gadget ngga sesering yang lainnya. Ya ada sih tipikal semua akun sosmed semuanya punya tapi sering update tentang kesehariannya. Tapi ada juga yang sekedar punya dan jarang update tentang hidupnya. Mungkin yang jarang main sosmed ini emang pada dasarnya dia gamau show off sama hidupnya, atau mungkin juga mereka sibuk dengan dunianya. Seperti sibuk sekolah, kuliah dan kerja yang memungkinkan frekuensi bermain sosmed ngga sebanyak yang ngga punya kesibukan. Wk, gabut seperti gua.


Pernah suatu hari gua mikir, kaya gimana ya orang yang ngga terlalu sosmed-an banget terus keliatan kaya menikmati hidupnya banget? Ada ya orang begini, lah emang ada lah. Mungkin selain dia sibuk dengan kegiatan yang gua sebutkan di atas, ada kegiatan lain yang dia jalanin. Seperti ngelakuin hobi mungkin? Olahraga? Dan kegiatan bermanfaat lainnya. Gua pernah denger cerita dari seseorang yang dimana dia punya temen. Nah temennya ini punya handphone yang terbilang lumayan baguslah, tapi sosmed yang dia instal cuma ada 1 atau 2 doang. Dia jarang main sosmed, karena sibuk sama hobi. Ya, hobinya baca buku sama olahraga. Terus emang dia itu sering ngabisin waktu sama keluarga dan temen-temennya. Eh gua juga ada sih temen, dia dihapenya Cuma install sosmed Whatsapp doang eh ada sih Wattpad. Gua pernah suruh-suruh dia buat bikin account Instagram, tapi dia gamau. Wkwk. Bahkan dia sekolah ngga pernah bawa Hape, yang sedangkan gua aja kalo kelupaan bawa hape bakal rela balik lagi kerumah (kalo belum terlalu jauh) buat ngambil hape. Pasti berasa ada yang kurang aja gitu kalo ngga bawa hape. Nah, makanya gua penasaran kenapa nih orang gamau bawa hape. Dia sih bilangnya emang karena gamau aja, bawa hape kalo emang lagi mau bawa atau minta foto dari hape temen-temennya. Gua sih bawa emang suka banyak keperluan mendadak gitu di hape. Kaya misalnya Googling apalah yang ngga ada dibuku, atau mungkin gua dengerin musik pas lagi ngga ada guru.


Kadang terlintas diotak gua untuk mengurangi frekuensi penggunaan sosmed, pengen gitu nekunin hobi atau ngelakuin kegiatan yang belum pernah gua coba. Soalnya gua suka mikir, misalkan gua seharian atau misalnya 2 jam gua ngescroll home Instagram. Kepo-kepoin dan stalk akun ini itu, yang sebenernya yang gua stalk itu nyatanya ngga worth it dan ngga berfaedah. Mungkin 2 jam itu sebenernya bisa gua gunain buat nulis blog (karena gua punya draft dan ide banyak banget yang belom ketulis) yang istilahnya lebih bermanfaat gitu kan? Atau gua bisa lakuin hal lain (seperti dekor kamar yang ngga jadi-jadi). Emang sih sekedar hiburan tapi kadang gua ngerasanya malah waste time. Mungkin gua ngerasa waktu berjalan cepat karena gua ngelakuin hal yang monoton dan waste time? Hmm, begitu kali ya? Sepertinya.


Dan sekarang gua mau lebih memanfaatkan sosmed gua sih, gua cari hal yang bermanfaat yang bisa gua dapetin lewat sosmed. Seperti halnya di Twitter ,di Twitter gua banyak ngefavoritin tentang thread-thread yang useful gitu. Banyak sih dari Beauty Tip, rekomendasi lagu atau film, kadang juga ada cerita-cerita yang bisa buat kita lebih awareness buat kedepannya. Di Facebook juga gua mulai cari-cari fanspage yang ngasih info-info gitu, yap gua menyukai laman yang menurut gua useful dan bermanfaat. Dan gara-gara gua banyak menyukai fanspage-fanspage, jadinya di beranda gua kebanyakan postingan fanspage. Di Instagram? Meskipun rata-rata penghuni Instagram look like fabulous tapi ada kok akun-akun yang inspiratif/berfaedah gitu. Oh ya ada akun Instagram kesukaan gua, Yaitu Proud.Project gua scroll feed Instagramnya, bener-bener inspiratif loh dan ngebuat kita lebih open minded kalo baca-baca cerita dari akun tersebut. Ada sih beberapa cerita yang gua baca mereka pernah melakukan kriminalitas atau kejahatan sosial gitu. Mereka belajar dari kesalahan-kesalahan dan ingin berubah menjadi lebih baik lagi. Gua sih nangkepnya, mungkin di society kita yang dulunya pernah ngelakuin kriminalitas atau kejahatan sosial gitu kurang diterima lagi oleh masyarakat. Karena mungkin orang mengingat kejahatan yang mereka lakukan sebelumnya. Gua juga mikir “oh dulu dia pernah ngelakuin kaya gini ya, tapi sekarang dia mau berubah jadi lebih baik lagi dan belajar dari kesalahan yang diperbuatnya dulu” kalo mau tau lebih lanjutnya lagi stalk aja akunnya. Such an inspiration!


Ya, mungkin gua dulu main sosmed dan gadget ngga kenal waktu, seharian cuma stalk apa yang ngga jelas. Dan seketika gua sadar hal yang gua lakuin itu buang-buang waktu! Dan sekarang gua bisa memanfaatkan sosmed gua semaksimal mungkin. Ngga terlalu serius juga sih, hiburannya juga ada. Ya kalo misalnya gua bosen kan gua bisa sibuk sama hobi dan hal baru yang pengen gua coba kan? Dan penggunaan sosmed itu tergantung bagaimana kalian menggunakannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenapa Dandelion?

Awal niat gua bikin blog itu udah dari dulu sebenernya dan sekarang Alhamdulillah udah terealisasikan. Karena menurut gua, menumpahkan pikiran yang udah luber di kepala gua ke dalam blog itu ternyata seru juga. Jadi, apa yang ada di otak gua seperti imajinasi yang melayang-layang dan memenuhi otak gua bisa tersalur dengan sebuah tulisan. Atuh mending numpahin ide ke blog lah daripada numpahin kopi ke temen lo yang lagi pake baju putih, bisa di rajam abis-abisan lo! "If you have an idea, pour it in a creation" Karena kebiasaan gua juga sih yang suka ngetik panjang-panjang, iya terkadang kalo lagi chatan ama orang gua tuh bales sepanjang sungai nil XD sebenernya ngga juga sih. Gua sih suka aja bales panjang-panjang gitu, meskipun kadang gua bales udah kek cerita novel 1 paragraf eh di bales lagi cuma 1 kata. No problem sih, kalo lagi rajin-rajinnya ngetik panjang aja waktu itu. Kalo lagi mager ya jawab seadanya aja. Terus gua kan punya kebiasaan suka nuli

Jangan salahkan udang

5 Feb 2017 Gua saat ini sedang terbaring lemah di kasur gue. Karena tadi malem gua muntah-muntah akibat keracunan makanan sendiri. Well, jadi gini ceritanya.  Gua kan niat masak hari itu. Alhasil gua beli sayuran ke warung, gua liat ada udang. Gua jadi kepengen, karena gua juga udah lama ngga makan udang. Dan akhirnya gua beli.  Nah, yesterday i have schedule to doing Beres-beres rumah. Gua nyuci baju sampe ada kali 2 bak besar terus ditambah gua nyuci sepatu sampe 10 pasang lebih kali.   Kalo lagi ada pekerjaan banyak, gua mewajibkan diri buat menjadi seorang yang “Multitasking” jadi kaya misalnya hari ini kegiatannya : cuci baju, cuci sepatu, masak, cuci piring, kerjain tugas. Jadi, misalkan gua nyuci berarti gua sembari motong-motongin bahan yang mau dimasak nanti. Nah, kemaren tuh ceritanya gua nyuci udang terus gua tirisin. Gua taro di paku gitu yang rada atas biar kaga di makan kucing. Salahnya gua disini ga naro di freezer. Mungkin sangking banyaknya nyuci